Tuesday, August 18, 2020

Upacara kemerdekaan ri ke 75

 Upacara kemerdekaan ri ke 75 

By. Aisy wijaya

Assalamualaikum kemarin tanggal 17 agustus 2020 aku mengikuti live streaming youtube upacara kemerdekaan RI ke 75, upacaranya diadakan di istana presiden. Saat upacara aku memakai baju merah putihku dan aku senang sekali bisa upacara walau #dirumahaja . Upacara di istana presiden ternyata meriah sekali.


Awalnya ada sambutan dari Ibu Megawati, Pak Sby, Pak Tri Sutrisno, Pak Hamzah Haz, Pak Jusuf Kalla, dan Pak Boediono. Perbedaan upacara tahun ini dan tahun sebelumnya adalah tahun ini upacara diadakan virtual, ada juga Tiara Andini menyanyikan lagu “Kampuang nan jauh di mato” lalu Nowela menyanyikan lagu “Jali-jali”, ada Raisa yang menyanyikan lagu “Indonesia pusaka”. Ada juga penampilan Orkestra lewat zoom yang diiringi Lyodra, tapi didesain bagus sekali jadi semuanya kompak seperti dalam suatu group musik. Orkestra juga memainkan alat musik dari Indonesia lho.


Nah sekilas tentang upacara kemerdekaan pengibaran bendera sudah dilakukan di masa Pak Presiden Ir. Soekarno lho dengan 5 paskibra dan Ibu Megawati pernah menjadi pembawa baki bendera merah putih pada tahun 1964, Dan sekarang ini Indonesia sudah 75 tahun kemrdekaan lho.

Upacara dimulai.. pertama semuanya diam mempersiapkan diri ada TNI, Menteri, dan banyak lagi. Dan terompet ditiup ‘teet teret teeeet’ dan akhirnya pembacaan proklamasi juga :>. Sebelumnya ada penampilan dari TNI yaituuu meriam! Itu untuk kehormatan detik detik proklamasi, oh iya. Komadan upacaranya Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor, A.A. (Asops Paspampres) dan 3 orang pasukan pengibar bendera pusaka merupakan putra putri terbaik bangsa Indonesia dibawah binaan asuhan kementrian pemuda dan olahraga republik Indonesia.


Dan akhirnya ada Pak Presiden dan Wakil Presiden. Lalu semuanya hormat grak, dan laporan dulu donk komandan upacaranya. Dan saat saat kita tunggu: Meriam! Duar duor duar duor!!!! Akhirnya baca proklamasi juga, dan hormat grak dulu setelah baca proklamasi. Next lagu “Mengheningkan cipta” dan setelah lagu “mengheningkan cipta” kita membaca doa yang dipimpin oleh kementrian agama republik Indonesia, dan saat yang ditunggu adalah pengibaran bendera! Ya ada 3 orang pengibar bendera, dan inilah 8 nama Paskibra di 17 Agustus 2020:

1. Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen, Aceh)

2. I Gusti Agung Bagus Kade Sangga EiravAdhita (SMAN 1 Mendoyo, Bali)

3. Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu)

4. Muhammad Arief Wijaya (SMAN 2 Kendari, Sulawesi Tenggara)

5. Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan, Kabupaten HSS, Kalsel)

6. Sylvia Kartika Putri (SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumut)

7. Dhea Lukita Andriana (SMAN 1 Ngunut Tulungagung, Jatim)

8. Muhammad Adzan (MAN 2 Kota Bima, NTB)

Dan bendera merah putih dipasang dan terdengar suara lagu “Indonesia Raya” dan divideokan suasana orang orang di Nanggroe aceh Darussalam, Yogakarta, dan Papua. Lalu peserta diistirahatkan dan ada penampilan lagi Orkestra memainkan lagu “17 Agustus” dan “Syukur” setelah itu upacara pun selesai. Alhamdulillah....


Terimakasih untuk teman teman yang sudah membaca sampai habis, sampai bertemu lagi. Wassalamualaikum.

~the end~

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More